Super Ego Part 8


Yang baru baca, biar nggak bingung ceritanya bisa cek dari Part I di sini ya

Part 5

Part 6

part 7 

=============================================================

Acara pertunangan Viona malam ini berjalan lancar, acaranya sederhana cuman ngundang kerabat deket dan sahabat Viona aja. Beberapa sahabat Vio yang juga kenal gue dan temen nongkrong di club, termasuk Sally. Cuman satu yang bikin gue bosen selama acara tadi, pertanyaan kapan nyusul adek gue.  Sebenernya mau ngajak Disa biar kalo ditanya kapan nyusul minimal gue udah ada gendengan, tapi  karena Naya masih belum sehat banget jadi dia nggak mau ninggal Naya dulu. Gue udah ketemu Naya kemaren sebelum balik sini, gue ke rumah ibunya Disa dan bertemu dengan mereka di sana.
   
 “ Nonton tivi apa ditonton tv sih.” Suara Kak Feli yang barusan datang ngagetin gue. Tadi setelah acara tunangan Vio, suami kak Feli langsung terbang ke Jepang dan bakal terbang entah ke mana lagi sampai 2 minggu baru balik karna kerjaanya terbang aja ke mana-mana. Suaminya pilot soalnya dan kalau ditinggal untuk waktu lebih dari 2 minggu biasanya Kak Feli milih tidur di rumah sini bareng anak-anaknya.
    “ Eh kak, belum tidur?” pertanyaan retorika. Jelas aja, kalo udah tidur nggak mungkin jalan ke sini. Kecuali kalo nglindur.
    “Belum, tadi buatin susu buat Pindo ke dapur. Liat kamu di sini kayak orang kesepian, abis nidurin Pindo Lagi ku lihat sini kamu masih gini aja.” Muka gue kelihatan banget kesepian? Padal gue lagi jatuh cinta loh, gimana kalo gue pas lagi galau coba muka gue. Pindo itu anak ke dua kak Feli,  cowok masih umur tiga tahun.
    “ Lagian tumben banget nonton TV di luar, sedirian banget lagi. TV di kamar kenaapa?” Kak Feli ikut duduk di sebelah gue sambil mengabil bantal sofa buat sandaran.
    “ Tadi ngobrol sama Vio, terus Vionya udah ngantuk. Balik ke kamar lah dia.” Gue emang deket banget sama sodara-sodara gue, kalo lagi kumpul gini emang sering baget bertukar cerita alias curhat.
    “ Ngobrolin tunangannya dia itu?”
    “ Iyalah, apalagi kak.”
Kak Feli manggunt-manggut. “ Gimana di Semarang, betah?”
    “ Betah banget, kak Feli kudu tinggal di sana barang satu atau dua bulan.”
    “ Ada apa di sana yang bikin betah?”
    “ Ada perempun kak, aku lagi jalan sama dia.”
    “ Oh, jalan aja apa jalan layaknya orang dewasa?”
Gue senyum garuk-garuk kepala. Kak Feli tahu kelakuan gue yang suka maen-maen sama cewek, karena emang seterbuka itu kita. Ya tapi bagian ONS nya nggak gue ceritain juga sih.
     “ Kayak orang dewasa lah, Devan udah terlalu tua buat maen-maen terus kak.”
    “ Terus kenapa nggak diajak ke sini buat dikenalin ke keluarga, biar nggak dicengin terus sama yang lain kayak tadi.”
    “ Nantilah, belum mau buru-buru dulu.”’’
    “ Semoga beneran serius sih, ku kira kamu malah jalan sama Sally.”
    “ Dia baiknya jadi sahabat aja sih kak, bukan buat pasangan.”
    “ Tapi dia nguber kamu terus.”
    “ Devan udah pernah kasih tau kalo kita baiknya sahabatan aja.” Tapi sahabat dalam selimut. Uhh jadi kesel sama diri gue sendiri kalo inget pernah beberapa kali tidur sama dia.
      “ Kak Fel, pendapat kakak tentang perempuan single parent gimana?”
    “ Emmmmm, keren. Hebat banget. Kakak aja ngurusin anak-anak masih dibantu mbaknya masih kadang nggak sanggup kalo nggak ada mas Findra yang nguatin. “
    “  Jadi perempuan yang sanggup mengurus anaknya sendirian itu hebat kan kak?”
    “ Hebat banget.”
    “ Terlepas dari kenapa dia single parent?”
Kak Feli sedikit mikir. “ Aku jawab dari sudut pandang perempuan dan seorang ibu ya, itu iya. Apapun alasannya perempuan yang memutuskan jadi single parent itu hebat banget. Tapi, kalau dia bisa ngurus anaknya bareng dengan bapaknya akan lebih baik. Kecuali kalau suaminya emang udah meninggal.”
    “ Kalau dia singgle parent karna emang belum pernah nikah gimana?”
Kak Feli mengkerutkan dahinya, lebih dalam mikir kayaknya. “ Gimana? Dia adopsi anak maksutnya? “
    “ Menurut kak Feli, laki-laki single yang menikahi perempuan punya anak satu gimana?” pertanyaan ini keluar gitu aja dari mulut gue.Gue bahkan sempet terkejut kenapa gue udah nyingung soal pernikahan aja.
    “  Ya nggak gimana-gimana, kalo udah saling suka ya mau gimana lagi. Cuman kalo bisa sih yang single sama yang single aja. “
    “ Kenapa gitu?”
    “ Rumit Dev, yang sama-sama single aja masih harus berproses saling menerima bahkan sampai tahun berapapun udah menikah. Apalagi yang udah punya anak, nggak mungkin mutusin hubungan sama bapak kandungnya jadi pasti masih berhubungan, keluarga besar bapak kandungnnya sana juga. Gimana ya, eh kok kamu tumben nanya-nanya gitu. Kenapa?”
    “ Nggak apa-apa kak, pengen sharing aja.”
    “ Serius? Bukan karna ini kan kamu sejak sampai sini kayak nggak lepas gitu.”
Oke gue bisa bohong sama nyokap, tapi gue nggak tau kakak gue satu ini pakai pelet apa selalu bikin gue nggak pernah berani bantah.
    “ Perempuan yang Devan pacarin sekarang single parent.”
Kak Feli diem sebentar, kemudian mengangguk pelan. “ Oke, kamu udah yakin sama pilihan kamu yang sekarang?"
Gue belum bisa jawab pasti, masih mikir.
     " Kamu kenal dia udah berapa lama?” kak Feli nanya lagi.
    “ Ke kamar Devan yuk kak.”
    “ Oke, kamu ke atas dulu. Kakak pastiin Pindo udah nyenyak tidur sama mbaknya, nanti nyusul.”

Gue cuman ngangguk tanpa suara kemudian bangkit dari sofa dan berjalan menaiki tangga. Sepecicilan apapun gue diluar sana, kalau udah masuk rumah ya gue anaknya papa dan mama dan adeknya kak Feli, abangnya Viona. Sekalem ini kelakuan gue, bukan bermaksut pamer tapi beberapa orang bilang gue tipikal family man yang deket banget sama keluarga. Sama kakak gue Feli, gue curhat apapun minus kebiasan ONS gue jaman di Singapure dan balik ke Jakarta ini. Sejak kecil emang kita bertiga dibiasakan untuk selalu cerita apapun sama papa atau mama. Gue juga dulu jaman SMP masih di Jakarta apa-apa cerita sama papa karna nggak ada sodara laki lagi, tapi sejak SMA papa mulai sibuk sama kerjaan terus temen curha gue pindah ke kak Feli sampai sekarang. Kebetulan kak Feli Psikolog juga sebelum akhirnya memutuskan untuk sementara istirahat sejak punya anak. Sama mama? Gue cuman cerita-cerita lucu aja yang sekiranya perlu tau, tapi gue tetep deket dan sayang banget sama mama. Mama juga kalo ada apa-apa curhatnya ke kak Feli.  Jadi kita punya dokter jiwa keluarga. 
Ini bukan maslaah cemen 'cowok kok  curhat banget sih Dev', bukan. Tapi ini tentang kesehatan jiwa yang orang masih belum paham betapa pentingnya. Di luar negeri aja nggak bisa tidur konsultasi ke doker Jiwa, di sini orang sampe stress aja nggak mau berobat. Curhanya ke sosial media, apa untungnya. Selesai kagak, nambah masalah dan aib iya. 
    “ Jadi udah siap cerita?”
Suara kak Feli narik pikira gue ke alam sadar setelah tadi sempet mikir nggak jelas. Gue baru sadar kalo ternyata udah sampe kamar dan malah udah duduk di sofa kamar gue.
    “ Bingung tapi mulai dari mana, kakak aja yang nanya.”
    “ Udah kenal berapa lama sama, siapa nama peremp..”
    “ Disa.” Jawab gue cepat “ Baru kenal hampir dua bulan.”
    “ Nggak terlalu cepat?”
Gue geleng-geleng.
    “ Apa yang membuat kamu tertarik sama dia?”
Gue mikir sebentar, apa jawabannya. Karena dia cantik? Kayaknya bukan, masih banyak perempuan cantik lainnya dia dilingkungan gue. Gue nggak nemuin jawaban yang pasti gue suka.
    “ Nggak tahu, pokoknya aku seneng aja kalo sama dia. Even cuman ngobrol aja nggak ngapa-ngapain.”
    “ Moment pertama ketemunya gimana?”
    “ Dia lagi mabok salah masuk ke apartemen ku. Terus kita jadi sering ketemu karena satu flat, sering renang bareng tiap pagi dan ternyata dia arsitek yang ngerjain R.O baru yang di Jalan Pandanaran Semarang.”
    “ Udah tahu dari awal kalau dia single parent?”
Gue geleng kepala, “ Tahunya pas aku proses pendekatan sama dia.”
    “ Pertama kali tahu gimana perasaan kamu?”
    “ Kaget, campur aduk. Tapi justu bikin aku makin pengen sama dia kak."
    " Kenapa?"
Gue mikir lagi, nyari alesan kenapa gue pengen banget bisa ngabisin sisa hidup gue sama Disa. Eh, gue baru ini kebanyakan mikir buat jalin hubungan sama perempuan. Ngabisin sisa hidup sama orang? gue pikir gue dulu bukan tipe orang yang akan menikah. 
     " Kamu yakin bisa menerima dia? apa adanya!" Kak Feli memberikan penekanan pada kata 'apa adanya'. Kala itu gue langsung ngangguk mantap tanpa berpikir. Tanpa balasan, kak Feli cuman senyum kemudian mengacak rambut gue. 
      " Adek kakak udah dewasa ternyata."
Gue cuman mengernyit denger tanggapan Kak Feli. Tahun ini aja gue udah 30 tahun, kurang dewasa gimana selama ini? Kenapa baru hari ini gue dianggap udah dewasa?
     " Kenalin ke kakak dulu ya, nanti kakak nilai."
     " Nggak apa-apa Devan sama Disa?" 
     " Yang jalanin kalian berdua, kakak punya hak apa?"
     " Status Disa?" 
     " Kalo itu nggak masalah buat kamu, kenapa harus masalah buat kakak."
Ya Tuhaannnn, gue langsung lega demi apa. Gue langsung meluk kak Feli.
     " Kenalin dulu sama kakak tapi."
     " Secepatnya, kakak kapan bisa ke Semarang sekalian jalan-jalan di sana."
Malam itu gue udah lumayan lega walopun nggak sepenuhnya. Gue harus menghadapi papa dan mama nantinya kalo setelah kak Feli ketemu Disa dan merestuinya.

 

Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini