Wujudkan Sanggau Sehat, Pemda Siapkan Strategi Sejalan dengan Pemerintah Pusat

Buka Rakor Penyelenggaraan Kota Sehat, Untuk mewujudkan Sanggau sehat tentu Pemerintah Daerah telah menyiapkan strategi yang sejalan dengan Pemerintah Pusat.
Waujudkan Sanggau Sehat, Pemda Siapkan Strategi Sejalan dengan Pempus
Sekretaris Daerah  Kabupaten Sanggau, Ir. Kukuh Triyatmaka, MM. (BorneoTribun/Libertus/Diskominfo)
BorneoTribun Sanggau, Kalbar - Sekretaris Daerah  Kabupaten Sanggau, Ir. Kukuh Triyatmaka, MM membuka secara resmi Rapat Koordinasi Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat dan Forum Kabupaten Sehat yang berlangsung di Aula Rapat Lantai Dua Bappeda Kabupaten Sanggau. Kamis (22/09/2022).

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah, Kukuh Triyatmaka, menyampaikan, program Kabupaten/Kota Sehat sejalan dengan salah satu point Seven Brand Image khususnya point dua Sanggau Sehat.

“Untuk mewujudkan Sanggau sehat tentu Pemerintah Daerah telah menyiapkan strategi yang sejalan dengan Pemerintah Pusat,” kata Kukuh.

“Tim pembina bertugas membina, tim teknis dari semua dinas karena dinas kesehatan ini tidak bekerja sendiri tetapi melibatkan semua unsur, termasuklah forum kabupaten sehat,” ujarnya.

Kabupaten/Kota Sehat adalah suatu kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Kukuh menjelaskan, penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota. Untuk mewujudkannya dilaksanakan melalui “Forum” atau dengan memfungsikan lembaga masyarakat yang ada.

“Forum tersebut disebut “Forum Kabupaten/Kota Sehat” atau sebutan lain yang serupa sampai tingkat kecamatan dan desa. Tugas kita di forum ini menyuarakan kondisi saat ini di masyarakat yang menjadi hambatan mewujudkan Kabupaten Sehat,” ungkap Kukuh.

Sementara itu, Ketua panitia penyelenggara Kabupaten/Kota Sehat, Najori menyampaikan, Kabupaten/Kota Sehat merupakan agenda dua tahunan Kenenterian Kesehatan. Di berbagai daerah, masih terdapat berbagai permasalahan yang dihadapi Kabupaten/Kota di Indonesia yang meliputi permasalah fisik, permasalah sosial, permasalah ekonomi dan permasalah Kabupaten/Kota.

Dikatakan Najori, Kabupaten/Kota Sehat bisa mengalami kerawanan jika tidak mendapatkan intervensi yang tepat.

“Jadi, untuk mendapatkan intervensi tersebut diperlukan pemberdayaan potensi dan semua sumber daya yang tersedia di Kabupaten/Kota, serta membangun kemitraan yang solid antara masyarakat, pemerintah dan swasta,” ungkapnya.

Narasumber dalam rapat koordinasi perdana tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Sanggau Ginting. Rapat dihadiri tim pembina dari jajaran Forkompimda dan Kepala Dinas Terkait dan Forum Kabupaten Sehat yang terdiri dari ormas se – Kabupaten Sanggau.

(Libertus)

Artikel ini telah ditayangkan di BorneoTribun dengan Judul Wujudkan Sanggau Sehat, Pemda Siapkan Strategi Sejalan dengan Pemerintah Pusat, Link: https://www.borneotribun.com/2022/09/waujudkan-sanggau-sehat-pemda-siapkan.html
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini