Soal Jamban RT di 15 Desa, Camat Sekadau Hulu Optimis Tuntaskan 1 Tahun Kedepan

Soal Jamban RT di 15 Desa, Camat Sekadau Hulu Optimis Tuntaskan 1 Tahun Kedepan
Gambar ilustrasi. Soal Jamban RT di 15 Desa, Camat Sekadau Hulu Optimis Tuntaskan 1 Tahun Ke depan.
Sekadau, Kalbar – Camat Sekadau Hulu, Uden optimis menuntaskan satu tahun ke depan persoalan jamban rumah tangga (RT) di 15 desa diwilayahnya,  berdasarkan progress monitoring dilapangan menunjukkan hasil menggembirakan.

Update kepemilikan jamban rumah tangga di Kecamatan Sekadau Hulu diakui Uden menunjukkan trend peningkatan ditambah upaya dari pihak kecamatan sudah mempersiapkan agenda terkait penuntasan deklarasi ODF dalam tahun 2023-2024 .

"Mengenai penuntasan ODF saat ini 6 desa sudah mendeklarasikan stop BAB sembarangan, di tahun 2023 kecamatan Sekadau Hulu sudah mempersiapkan 5 desa deklarasi ODF tahun 2024 sisa 4 desa kita harap bisa tuntas" kata  Camat Jumat kemarin (24/2/2023) disela saat syukuran kepala desa Nanga Biaban.

Untuk agenda penuntasan stop BAB sembarangan pihak kecamatan terus berkoordinasi kepada semua pihak terkait dalam upaya penuntasan Stop BAB sembarangan. Melakukan pendataan warga yang belum memiliki WC rumah tangga.

Terkhusus 5 (lima ) desa yang sudah berkomitmen deklarasi ODF tahun 2023 menjadi fokus pihaknya bersama kepala desa, kendala dilapangan akan menjadi evaluasi dan dicarikan solusi.

"Dalam waktu dekat ini desa Tintin Boyok sudah menyatakan kesiapan awal Maret ini sudah siap deklarasi ODF, selanjutnya 4 desa saat ini tengah menyelesaikan pembuatan jamban di dusun masing - masing" ujarnya.

Sebelumnya, saat Musrenbang tingkat kecamatan pada 20 Februari 2023 kepala desa yang akan melaksanakan deklarasi ODF menyatakan kesanggupan dan kesiapan melaksanakan deklarasi, "Desa Mondi siap deklarasi pak camat," ujar Waloon Thomas Kades Mondi saat itu. 

Senada dengan Camat dan kepala Desa Rawak Hilir  menyanggupi target deklarasi ODF yang diminta Camat Uden "2023 sudah siap deklarasi," ujarnya kala itu.

(Yakop/Jr)

Artikel ini telah ditayangkan di BorneoTribun dengan Judul Soal Jamban RT di 15 Desa, Camat Sekadau Hulu Optimis Tuntaskan 1 Tahun Kedepan, Link: https://www.borneotribun.com/2023/02/soal-jamban-rt-di-15-desa-camat-sekadau.html
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini