Efek Samping Bius Total Setelah Operasi

Efek Samping Bius Total Setelah Operasi

Jika Anda harus menjalani operasi besar, biasanya Anda akan melakukan pembiusan total yang dilakukan oleh dokter anestesi. Pembiusan total ini bertujuan supaya Anda kehilangan kesadaran, meminimalisir adanya gerakan, dan tentunya supaya Anda tidak mengalami sakit sama sekali. Tujuan utamanya adalah agar prosedur operasi besar berjalan dengan lancar. 

Prosedur pembiusan biasanya dilakukan penyuntikkan obat bius ke pembuluh darah atau bisa juga dihirup lewat hidung dengan memakai suatu masker khusus. Pada umumnya prosedur bius total atau anestesi umum ini merupakan prosedur yang aman namun tetap saja akan ada efek sampingnya setelah Anda sadar. 

Efek Samping Obat Bius

1. Mual dan Muntah 

Mual dan muntah merupakan efek samping yang terjadi selama satu hingga dua hari. Efek samping ini disebabkan karena fungsi obat bius untuk mencegah gerakan otot selama prosedur operasi. Untuk menghilangkan rasa mual ini, Anda dapat meminum vometa dengan penjelasan produk pada link 

2. Bingung

Jangan khawatir bila Anda bingung pasca sadar dari bius total setelah operasi. Hal ini disebabkan oleh salah satu fungsi obat bius yang menghambat aktivitas otak pada bagian yang mengelola kesadaran serta respon tubuh terhadap rasa sakit. Selain bingung, rasa kantuk dan pandangan kabur biasanya akan dirasakan pasca sadar dari bius total. 

Efek ini biasanya akan dirasakan selama beberapa jam namun untuk Anda yang berusia lanjut akan merasakan ini selama beberapa hari bahkan beberapa minggu. 

3. Suara serak 

Suara serak dapat ditimbulkan akibat tabung yang dimasukkan ke tenggorokan guna membantu pernapasan Anda saat operasi berlangsung. 

4. Nyeri otot 

Obat bius juga dapat membuat otot Anda lemas saat operasi berlangsung. Efek yang ditimbulkan setelah Anda sadar adalah otot Anda akan merasakan nyeri. 

5. Menggigil 

Suhu ruang operasi yang dingin dan obat bius total yang mengacaukan kinerja termometer alami tubuh akan membuat Anda menggigil saat terbangun setelah operasi. 

Efek-efek tersebut perlu Anda ketahui agar Anda nantinya tidak kaget pasca sadar dari obat bius setelah operasi. Jangan lupa untuk memperhatikan luka bekas operasi agar lekas sembuh, selengkapnya bisa Anda akses disini https://www.guesehat.com/3-cara-merawat-luka-setelah-operasi.
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini