Milenial Harus Mengisi Semangat Kemerdekaan ke-75 Dengan Tindakan Kongret ini


Indonesia sudah memasuki usia ke-75 sebagai bangsa yang merdeka dari penjajahan bangsa lain gaes. Semua pada tahu ya, bagaimana sejarah bangsa kita meraih kemerdekaan yang sekarang kita nikmati. Perjuangan para pahlawan yang terdahulu, sudah sepantasnya kita berikan penghargaan yang setinggi-tingginya. salah satu penghargaan yang bisa kita berikan sebagai generasi pembaharu, menurut ku dengan cara mengisi kemerdekaan ini sepositif mungkin.

Beberapa hal di bawah ini, hal-hal versi aku yang bisa  dilakukan sebagai generasi pencipta dalam mengisi kemerdekaan Indonesia yang sudah berumur 75 tahun ini.

1. Support produk lokal
Masih banyak orang-orang yang dengan bangga ketika mereka menggunakan barang dengan brand dari luar. Ya nggak papa si, itu hak mereka dan mereka mampu membelinya. Mungkin juga ada yang harus punya brand itu karena standard society lingkungan mereka. Tapi alangkah eloknya, when kamu punya rentetan barang dengan brand dari luar, juga diimbangi dengan barang brand lokal juga untuk support brand lokal kita biar someday jadi brand kelas dunia.

Padahal banyak barang branded yang mereka bangga-banggakan itu diprosuksi dengan bahan-bahan dari di Indonesia. Jadi pada dasarnya kita mampu membuat produk  standar yang sama dengan brand luar, jadi kenapa nggak kita pilih produk lokal aja. Selain itu untuk memajukan pertumbuhan ekonomi lokal juga yang sejak pandemi ini menurun drastis. 

Sekarang ini produk-produk industri dalam negeri mulai dari sektor skala kecil (produksi rumahan) sampai skala besar (pabrik), sudah banyak yang menembus pasar ekspor kok. Contohnya industri kreatif, seperti pada produk fesyen dan kerajinan, yang punya keunggulan dari segi kualitas sampai kreativitas desain. Jadi menurut ku akan menjadi kebangaan ketika produk lokal kita berjaya di dalam juga di luar negeri.

2. Mengutamakan Wisata pada Destinasi Lokal


Selain barang, banyak juga orang Indonesia yang justru bangga ketika mereka bisa jalan-jalan ke luar negeri. Padahal masih banyak destinasi di Indonesia yang nggak kalah menarik. Kita harus bisa mempromosikan keindahan alam kita kepada dunia. Biar Dunia tahu seindah apa Indonesia, juga untuk meningkatkan minat orang luar datang ke Indonesia untu wisata dan meningkatkan visa yang masuk ke kita. Seperti beberapa waktu lalu, aku sempetin jalan-jalan dan memilih destinasi domestik di Labuan Bajo daripada ke Singapore walaupun secara budget bisa jadi lebih murah ke Singapore. Selain bisa lebih mengenal negara sendiri, kita juga bisa sedikit meningkatkan roda perekonomian di daerah yang kita kunjungi.

3. Upgrade Kompetensi Diri 
Bonus demografi yang digembor-gemborkan pada tahun 2024 nggak akan ada gunanya bagi Indonesia kalo SDM yang kita miliki nggak ada kualitasnya. Kita yang nanti akan mengurus negara ini dan memimpin di masa depan gaes, kalo kemampuan kita gitu-gitu aja ya negara ini akan gitu-gitu juga. 

Indonesia sudah dianugerahi dengan banyak keunggulan-keunggulan yang bangsa lain tidak miliki gaes. Sumber daya alam kita yang melimpah, keragaman budaya dan bahasa, keindahan alam yang luar biasa, 

Para pejuang yang gugur demi meraih kemerdekaan tidak akan merasa rugi ketika tahu bahwa generasinya masih punya semangat membangun negeri. Dengan terus meng-upgrade kemampuan dan ilmu kita, 

Membangun bangsa dengan menjadi milenial yang kritis, kretaif dan solutif. 

4. Menjadi role mode dalam melakukan kegiatan Positif


Ambil bagian dalam kegiatan kampanye seperti kampanye hidup kesehatan, peduli lingkungan, stop penggunaan plastik, kampanye apa aja yang membuat perubahan menjadi lebih baik. Dengan kecanggihan teknologi sekarang, semua serba bisa terhubung gaes. Bikin kampanye nggak sesusah dulu, harus berkumpul dan melakukan kegiatan bersama dalam suatu acara atau tempat.

Keberadaan sosial media sangat efektif dan membantu bagaimana kita bisa melakukan periuahan kecil untuk menjadikan Indonesia menjadi lebih maju seperti tema kemerdekaan tahun ini.

Melalui sosial media, kita bisa melakukan kampanye digital dengan mengajak pengikut kita untuk melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat. Seperti platform gigital Sembutopia yang selalu membawa misi sembuhkan Indonesia. Setiap bulan, pak Kafi founder dari Sembutopia ini selalu membuat kampanye dengan tema yang berbeda kepada para milinial yang aktif di sosial media. 

Seperti bulan kemerdekaan ini, Sembutopia mengajak kita untuk mengisi kemerdekan dengan tetap semangat mencintai tanah air. Terutama dimasa sulit pandemi ini, kita harus sama-sama berjuang dan kompak melawan corona.  Kasus positif di Indonesia udah sangat tinggi banget gaes, angka kematiannya pun. Nah, peran kita sebagai generasi pencipta yuk ambil bagian dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan rajin mengkampanyekan penggunaan masker, rajin cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, jaga jarak aman dan hindari kerumunan.

Kalau kamu ada nggak cara yang kongret dalam mengisi kemerdekaan saat ini?


Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini