Tips Mengeringkan Rambut Agar Terhindar Dari Kerusakan


Siapa sih yang nggak mau punya rambut yang cantik kayak habis dari salon setiap hari? Sebagai mahkota perempuan yakaan, rambut ini penting banget diperhatikan. Apalagi untuk kamu yang dalam pekerjaannya kerap bertemu dengan orang banyak atau klien penting. Rambut menjadi salah satu yang penting diperhatikan biar ngga kelihatan berantakan. Nah yang kayak aku pakai jilbab pun meski rambut tertutup hijab, bukan berati bisa diabaikan begitu saja ya girls.

Justru yang berjilbab harus lebih tlaten lagi ngurusin rambut ini karena resiko diikat sepanjang hari, lembab karena tertutup sepanjang hari, jadi harus rajin kramas. Nah kalo kramas pagi dan buru-buru harus segera berjilbab karena mau kerja, solusi tercepatnya pasti dikeringin kan biar nggak bau apek. Seberapa sering ngeringin rambut pakai pengering? Hahhaa, jangan ditanya pasti sering banget. 

Nah buat yang ngga berjilbab pun, kayaknya nggak mungkin keluar rumah dengan rambut yang masih basah setelah mandi atau belum tertata yadong. Boleh periksa di sini https://www.bestspy.id/hair-dryer/ untuk lebih banyak pilihan pengering rambut. Tapi, terlalu sering mengeringkan rambut bisa mengurangi kadar air pada kutikula rambut. Rambut menjadi kering, bercabang, dan rusak.

Untuk menjaga kesehatan rambut, ada hal-hal penting yang harus diperhatikan saat mengeringkan rambut. Sebaiknya tidak mengeringkan rambut terlalu sering biar kelembaban rambut tetap terjaga. Lalu seberapa sering sebaiknya harus mengeringkan rambut? Simak dulu hal penting berikut ini.

1. Beri jeda setidaknya dua minggu

Menurut ahli penata rambut, sebaiknya tidak mengeringkan rambut lebih sering dari dua minggu sekali. Sebenarnya setiap kali mengeringkan rambut dengan hair dryer, rambut mengalami kerusakan. Jadi meskipun mengeringkan rambut seminggu sekali atau dua minggu sekali, rambut akan tetap mengalami proses penurunan kadar air yang akan menyebabkan kerusakan. Namun setidaknya berilah waktu bagi rambut kita untuk “bernafas” dan memulihkan diri setelah proses pengeringan.

Sementara rambut memulihkan diri, cobalah untuk mengeringkan rambut secara alami saja, yaitu dengan handuk atau didiamkan dan diangin-anginkan beberapa saat.

2. Gunakan serum rambut sebelum mengeringkan

Sebaiknya lindungi rambut Anda dari kontak langsung dengan udara panas saat proses pengeringan. Gunakan serum pelindung rambut yang akan melindungi rambut dari panas, sehingga akan meminimalisir kerusakan rambut karena proses pengeringan. Oleskan serum atau heat protectant pada rambut secara merata sebelum mengeringkan, dan oleskan kembali serum setelah proses pengeringan selesai.

3. Keringkan dengan suhu panas yang lebih rendah

Saat mengeringkan rambut dengan hair dryer, sebaiknya gunakan mode dengan suhu panas yang paling rendah. Memang, mengeringkan rambut dengan panas yang tinggi akan membuat proses pengeringan lebih cepat. Namun, semakin tinggi suhu yang gunakan saat pengeringan, semakin banyak kelembaban rambut yang hilang, dan rambut akan semakin cepat rusak. Bila perlu, gunakan hair dryer yang memiliki mode suhu dingin untuk mengeringkan rambut.

4. Jangan langsung mengeringkan dengan hair dryer

Cara mengeringkan rambut yang benar adalah menggunakan handuk terlebih dahulu atau mendiamkan rambut beberapa saat sampai tidak terlalu basah atau setengah kering sebelum menggunakan hair dryer. Setelah air dari rambut basah terserap handuk atau berkurang setelah didiamkan beberapa saat, baru gunakan hair dryer untuk mengeringkan dan menata rambut. Jangan gunakan hair dryer langsung pada rambut basah.

5. Gunakan masker rambut seminggu sekali

Jika mengeringkan rambut dengan hair dryer adalah salah satu bagian dari rutinitas, maka wajib menggunakan masker rambut seminggu sekali juga. Hal ini penting untuk mengembalikan kelembaban alami rambut dan mencegah rambut menjadi kering dan rusak karena pengeringan.

6. Beri jarak antara rambut dan mesin pengering

Saat mengeringkan rambut, beri jarak setidaknya 20cm antara rambut dan hair dryer. Semakin jauh jaraknya, semakin baik efeknya untuk kesehatan rambut. Sebaliknya, semakin dekat jarak rambut dengan hair dryer saat mengeringkan, rambut akan semakin mudah rusak.

7. Gunakan pengering rambut yang aman

Jika harus mengeringkan dengan hair dryer, pilihlah jenis hair dryer yang lebih aman untuk rambut. Misalnya jenis hair dryer ion yang dapat mengeringkan rambut dengan lebih cepat dan efeknya lebih lembut untuk rambut.

8. Keringkan dengan cepat

Proses pengeringan rambut yang terlalu lama dapat membuat rambut semakin cepat rusak. Gunakan sisir untuk mengangkat rambut saat mengeringkan. Hal ini akan membuat proses pengeringan rambut lebih cepat dan merata. Selain itu gunakan nozzle pada hair dryer agar udara panas lebih terfokuskan saat proses pengeringan, sehingga rambut lebih cepat kering.

Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini