Cara Menurunkan Tekanan Darah: 4 Cara Cepat Yang Pasti Berhasil

Cara Menurunkan Tekanan Darah: 4 Cara Cepat Yang Pasti Berhasil
Ilustrasi. (Foto Img)
Tekanan tinggi membunuh. Dan ini bukan metafora. Di AS saja, masalah kardiovaskular ini setiap tahun  hidup lebih dari setengah juta orang.

Apa itu tekanan darah tinggi dan mengapa berbahaya?

Tekanan darah tinggi disebut sebagai silent killer, dan untuk alasan yang baik. Hipertensi (hipertensi) seringkali tidak memiliki gejala yang jelas, tetapi secara dramatis meningkatkan risiko mengembangkan gangguan kardiovaskular dan stroke yang berbahaya .

Tekanan darah diukur dalam format dua angka.

Yang pertama - tekanan sistolik - menunjukkan seberapa banyak (dalam milimeter air raksa) tekanan darah pada dinding pembuluh darah selama pelepasan ke aorta karena kontraksi otot jantung. Yang terakhir disebut sistol.

Yang kedua - diastolik - memperbaiki tekanan darah pada saat jantung beristirahat di antara detak. Relaksasi otot jantung disebut diastol.

Pada umumnya pembuluh bersifat elastis. Tetapi jika tekanan darah menjadi terlalu tinggi, mereka mungkin tidak dapat mengikutinya. Pecahnya pembuluh darah di salah satu organ penting menyebabkan konsekuensi serius - hingga kematian.

Tekanan apa yang dianggap terlalu tinggi? Ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini. Pada tahun 2017, American Heart Association mempertimbangkan tekanan darah tinggi dari 130/80 mmHg. Seni. Sebelumnya, bar lebih tinggi - 140/90.

Jika Anda memperbaiki tekanan Anda pada tingkat ini atau lebih tinggi, Anda berisiko. Tindakan mendesak perlu diambil.

Cara cepat menurunkan tekanan darah di rumah

Katakanlah segera: dengan keluhan hipertensi, Anda pasti harus pergi ke terapis. Tergantung pada tingkat tekanan darah Anda, gaya hidup Anda, dan faktor lainnya, dokter Anda akan memilih rencana pencegahan dan perawatan individu untuk Anda dan, kemungkinan besar, meresepkan obat yang akan membantu mengembalikan tingkat tekanan darah Anda ke normal.

Tetapi jika karena alasan tertentu Anda belum menghubungi terapis, berikut adalah beberapa cara yang akan membantu menurunkan tekanan. Pilih salah satu yang terasa lebih nyaman bagi Anda, atau kombinasikan beberapa untuk efek maksimal.

1. Ambil beberapa napas dalam-dalam

Menurut penelitian, pernapasan dalam yang tepat adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi tekanan di pembuluh darah dengan cepat. Ini karena aliran darah ke semua jaringan di tubuh Anda, termasuk anggota tubuh Anda, meningkat.
  • Tenang, tutup matamu. Ini akan membantu mengurangi tingkat stres - salah satu provokator utama hipertensi .
  • Ambil napas dalam-dalam, hitung sampai 5. Tarik napas bukan dengan dada, tetapi dengan perut. Untuk mengontrol, letakkan tangan Anda di atasnya: Anda harus merasakan bagaimana naiknya.
  • Kemudian buang napas lagi selama 5 hitungan.
  • Ulangi selama 3-5 menit.
Anda dapat mencoba menahan napas setelah menghembuskan napas selama 8-10 detik - pilih opsi latihan yang menurut Anda lebih nyaman.

2. Mandi air panas

Tuang air bersuhu sekitar 45 ° C ke dalam baskom dan rendam tangan atau kaki Anda di dalamnya selama 10 menit. Air panas akan menyebabkan pembuluh-pembuluh di tungkai membesar, darah akan mengalir ke sana, dan tekanan tinggi akan sedikit berkurang.

3. Minum teh mint hangat

Jika Anda tidak alergi, rendam sejumput daun mint ke dalam air mendidih selama 10 menit, dinginkan dan minum tehnya dalam tegukan perlahan. Dalam bentuk ini, peppermint menurunkan tekanan darah.

Tapi ingat: mint meningkatkan efek obat untuk tekanan darah tinggi. Jadi berhati-hatilah.

4. Minum tablet valerian

Valerian adalah obat penenang kuat yang membantu tubuh mengatasi stres. Berkat dia, jantung akan mulai berdetak lebih tenang, tekanan darah akan menurun. Penting: saat mengambil, jangan melebihi dosis yang ditunjukkan dalam instruksi!

Cara menurunkan tekanan darah secara permanen tanpa obat

Mari kita ingatkan sekali lagi: cara-cara di atas untuk mengurangi tekanan di rumah adalah tindakan darurat. Penting untuk melawan "pembunuh diam-diam" hanya dengan bantuan dokter, dengan cermat mengikuti rekomendasinya.

Tapi ada juga kabar baik. Tingkat tekanan sangat dipengaruhi oleh gaya hidup. Cukup mengubahnya dengan cara yang sehat, dan hipertensi akan surut sama sekali, atau kebutuhan Anda akan obat akan berkurang secara signifikan.

Para ahli dari organisasi penelitian terkemuka Mayo Clinic telah mengumpulkan 10 perubahan hidup yang diperlukan:

  1. Singkirkan kelebihan berat badan . Setiap kilogram yang hilang akan mengurangi tekanan darah Anda sekitar 1 poin.
  2. Berolahraga secara teratur. Pilihan Anda adalah latihan aerobik: jalan-jalan, jogging, bersepeda, berenang, menari. Dedikasikan setidaknya 30 menit sehari untuk kegiatan ini. Dalam hal ini, Anda akan dapat mengurangi tekanan sebanyak 5-8 poin lagi.
  3. Makan makanan sehat. Lebih banyak buah, sayuran, sereal (sereal), lebih sedikit lemak, makanan ringan, kue kering. Merevisi diet Anda akan membantu Anda "mengurangi" tekanan darah Anda hingga 11 poin.
  4. Kurangi jumlah garam dalam makanan Anda. Setidaknya untuk sedikit. Ini akan membantu menurunkan tekanan darah Anda sebesar 5-6 poin. Ingat: WHO dan pihak berwenang lainnya mengkonsumsi tidak lebih dari 5 gram garam per hari, yang kurang dari satu sendok teh!
  5. Jangan minum atau setidaknya membatasi jumlah  alkohol . Termasuk bir. Yang terakhir menyebabkan retensi cairan dan peningkatan tekanan. Selain itu, zat yang terkandung dalam bir meningkatkan jumlah jaringan adiposa di perut, dan ini juga berdampak buruk pada tekanan. Secara umum, tidak ada dosis alkohol yang aman. Tapi jika Anda tidak bisa sepenuhnya meninggalkannya, setidaknya bangkit kembali. Untuk wanita, ini adalah 330 ml bir, atau 150 ml anggur, atau 50 ml minuman 40 derajat per hari. Untuk pria, dua kali lipat.
  6. Berhenti merokok . Setiap batang rokok meningkatkan tekanan darah sebesar 25%.
  7. Kurangi minum kopi. Namun, ini sedikit kontroversial, karena para ilmuwan masih membahas efek kopi pada tingkat tekanan darah. Faktanya adalah bahwa pada beberapa orang kafein menyebabkan peningkatan tekanan darah, sementara pada orang lain efek ini tidak diamati. Jika Anda termasuk dalam kategori pertama (periksa: ukur tekanan sebelum rehat kopi dan 30 menit setelahnya dan bandingkan indikatornya), lebih baik menolak minuman.
  8. Cobalah untuk mengurangi stres . Stres kronis adalah salah satu provokator utama tekanan darah tinggi.
  9. Pantau tekanan darah Anda di rumah dan konsultasikan dengan dokter Anda secara teratur. Pemantauan rumah akan membantu Anda lebih memahami perubahan gaya hidup mana yang berhasil dan mana yang tidak.
  10. Jangkau keluarga dan teman untuk mendapatkan dukungan. Beri tahu mereka tentang masalah Anda dan mintalah bantuan. Perawatan orang yang dicintai akan membuat perjuangan Anda lebih mudah dan mengurangi stres.

Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini