Bicara Cinta, Nulis, Musik dan Fotografi

Gambar ini diambil dari Google
Happy atau enggak hidup kita itu tergantung bagaimana kita sendiri menjalani dan menyikapinya. Setiap orang yang hidup di dunia pasti punya masalah kok. Apapun dan sekecil apa, nggak peduli siapa itu bahkan orang yang mengaku hidupnya bahagia belum tentu mereka benar-benar bahagia. Jadi jangan ngrasa bagi yang hidupnya penuh dengan msalah itu nggak punya manis-manis nya hidup, mereka yang terlihat manis juga belum tentu bebas dari masalah. Hanya saja mereka pandai bagaimana menyikapi permasalahan yang ada.

Percayalah bahwa masalah itu akan selalu datang bergantian dalam hidup entah kapan itu. Tinggal bagaimana kita menyikapinya saja. Ada yang benar-benar terpuruk, sedih berlebihan, galau berkepanjangan, nggak doyan makan, hidup jadi berantakan de el el.

Kalo kamu termasuk yang demikian dalam ngadepin masalah, aku kasih tau RUGI  kalo kamu pake hidup yang singkat ini untuk hal-hal mubadzir kayak gitu. Sedih karena ada masalah boleh, manusiawi lah. Mikir bagaimana jalan keluarnya, ikhtiar sambil berusaha juga berdoa. Bukannya Tuhan menciptakan masalah sepaket dengan solusinya, tinggal bagaimana kita aja manusianya pinter apa enggak nyari solusi.

Tapi sedih nya itu jangan sampai bikin kita yang sampai drob juga. Tetap semangat, masih ada jalan lain yang bisa dicapai, Tuhan sudah mengatur semua dengan baik. kita jalani dan berusaha saja. Pasti ada jalan, percayaalah. Sering-sering ngobrol sama Tuhan biar akrap. Kita kalo udah akrap sama orang juga kan mau minta tolong atau minta apa nggak sungkan untuk ngasih kan, berlaku hukum yang sama juga dengan Tuhan. Sering mendekatkan diri sama Tuhan biar paling enggak hidupnya jadi tenang.

Bicara soal hidup tadi, bagi ku cara ampuh menikmati hidup ini dengan menekuni hobby. Sekali lagi masalah emang pasti ada dan nggak bisa kita hindari, tapi kita masih bisa menikmati hidup ditengah permasalahan yang sedang kita hadapi. Ini bukan berarti kita mengabaikan masalah kita begitu saja, tetap berusaha mencari solusi. Tapi selain itu kita juga perlu untuk merelaksasi diri dengan hal-hal yang kita sukai supaya tidak terlalu stres atau sedih berlebihan.


Ngomongin soal hobi, pengalihan kegundahan hati paling ampuh. Coba aja buat kalian yang lagi galau gundah gulana merana, kembali pada rutinitas hobi kalian bisa memberikan energy baru lagi untuk menambah semangat. Seenggaknya klian akan menemukan diri kalian seseungguhnya ketika kalian melakukan hal yang bener-bener kalian suka. Refresing gratis juga kan, siapa tahu jika hobi kalian bener-bener ditekuni justru jadi profesi. Yah banyak sih yang udah kayak gini, awalnya hobi sekarang jadi penghidupan. Tinggal kita yang harus lebih pinter mengelolanya ajaa kayak gimana. Hidup jaman sekarang kalo nggk pandai improvisasi mah kelar kita.

Masuk ke Tahap Curhat, Menulis

Kalo hobby ku nulis, udah pasti itu. Kalo  enggak mungkin blog ini nggak akan ada.
Gambar ini diambil dari google
Nggak tahu sih sejak kelas berapa mulai punya tulisan,  tapi yang aku inget banget kelas 6 SD aku udah punya cerpen tentang persahabatan aku sama sahabat. Aku tulis di kertas folio (jaman dulu mah computer apa laptop masih jadi barang yang sangat mahal, dan orang tua ku belum cukup kaya buat beliin barang begituan. Lagian belum tahu juga anaknya kalo demen ngetik. ). Setelah itu lebih banyak lagi nulis di buku-buku tulis. Ada beberapa tapi sekarang lupa, cukup banyak sih dulu. Jaman kecil kan kerjaannya belum banyak selain cuman sekolah sama belajar jadi kesempatan nulisnya lebih banyak.

Begitu masuk SMA kebiasaan nulis nya tiba-tiba ilang. Sama sekali nggak nulis sampe kelas 2. Kesenengan maen sana sini sama temen kayaknya, lagi asik-asiknya nikmatin jaman SMA. Justru pas mulai kelas 3 mau ujian kepikiran buat nulis lagi. Pas nulis lagi itu baru kepikiran buat serius dan masukin ke penerbit. Januari 2011 tulisan ku masuk penerbit Gramedia, tapi tiga bulan setelahnya di balikin belum layak muat. Aku nggak berkecil hati, coba lagi bulan September masukin ke Gagas Media dan tiga bulan berikutnya dibalikin lagi juga belum bisa. 

Sejak itu mulai mengurangi nulis, bukan Karena putus asa atau apa tapi kesibukan mulai banyak. Kuliah sama kerja itu nyita waktu banget, belum lagi tugas-tugas kampus banyakan praktek di lapangan yang bikin acara dan segala macem ngabisin waktu libur dan uang. Jadi hiatus lagi agak lama.

 Musik

Yang kedua dengerin music. Sebenrnya dengerin music nggak patut dibilang sebagai hobi sih, menurut ku itu kayak rutinitas aja. Semua orang di dunia aku rasa juga seneng dengerin music kan,  dan itu  cukup ampuh buat sedikit penawar ke gundahan dalam hati. Music itu udah kayak sabu-sabu sih menurut ku, nyandu banget. Ya bayangin aja sih hidup ini kalo nggak ada music, se-sepi dan se hampa apa. 


Gambar ini diambil dari google


Kalo pas lagi gundah gulana merana gitu coba juga degerin music deh. Kadang music justru bisa mewakili perasaan yang sedang kita rasakan saat itu. Nggak usa pake curhat biasanya kalo dengerin lagu yang sesuai banget sama suasana hati biasanya udah sedikit lega.

Fotografi

Kalau ini baru gambar ngambil dari kamera ku sendiri
Selanjutnya lagi ada fotografi. Ini hobi muncul sejak aku kuliah semester pertama. Awalnya karena aku yang di foto sama ada salah satu fotografer media cetak gitu, pas dilihat hsilnya kok berasa cantikan di kamera ketimbang aslinya ya. Hhaa 
Jadi penasaran , dan sejak itu belajar tentang foto. Kebetulannya lagi aku dibeliin kamera Nikkon 3100 jadi bisa langsung belajar motret. Aku belajar sama beberapa orang, sampai akhirnya sekarang hobi satu ini kadang datangin rejeki. Belum banyak sih tappi sebulan dua atau tiga job lumayan buat tambahan uang jajan. Cuman sayang aja sekarang-sekarang ini aku agak yang biasa aja gitu sama fotografi. Nggak yang ngoyo kayak dulu sering hunting. Aku juga nggak yang dalem banget belajar ilmu fotografi ini,cuman dasar-dasar aja. Jadi kayak nanggung sih sebenrnya, cuman ya nggak ada waktu terlambat untuk belajar lagi kan. Sekarang masih kok suka motret tapi ya nggak sering kayak dulu.

Cinta

Dan yang terakhir CINTA. Intinya bahagia itu tercipta karena ada CINTA. Apapun itu, kamu bahagia sama pasangan apa keluarga karena ada cinta terkandung di dalamnya. Kamu bahagia sama pekerjaan juga karena kamu mencintain pekerjaan itu. Kamu bahagia sama hoby juga karena kamu mencintai hobi kamu.

Makannya tebarkan banyak cinta biar tumbuh banyak kebahagiaan. Sekarang udah nggak jaman sedih itu ngeluh, kalo sedih do something minimal ngerjain hobi biar tumbuh spirit baru dan  bisa bikin sesuatu yang berharga buat hidup.

kita juga harus mencintai sesuatu dulu supaya sesuatu itu bisa mencintai kita dan menjadi pengalihan kita ketika gundah gulana melanda.  

Jadi begitu mba Ika http://www.bundafinaufara.com/ dan mba Arin http://www.arinamabruroh.com/ cara ku ngomongin soal hobi. Menjawab tantangan pemenang arisan minggu ini, terimaksih untuk tema yang menyenangkan ini.




Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini